Agen bola

 

FOTO:Getty Images/John Berry
Jakarta - Lengkap sudah delapan tim yang akan tampil di perempatfinal Liga Champions. Tak ada klub Inggris di fase ini, kendati terselip nama seorang pemain Inggris; David Beckham.

Barcelona, Real Madrid, dan Malaga, menjadi tiga wakil dari Spanyol di babak delapan besar. Bayern Munich dan Borussia Dortmund merupakan dua klub Jerman yang tersisa.

Tiga tempat lain masing-masing diisi klub dari Italia, Turki, dan Prancis; Juventus, Galatasara, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Sementara itu, dengan tersingkirnya Arsenal dan Manchester United di babak 16 besar, kompetisi Inggris tak lagi memiliki wakil di fase ini, kendatipun final nanti akan dihelat di Stadion Wembley yang jadi kebanggaan Inggris.

Akan tetapi, sebagaimana diwartakan BBC, bukan berarti Inggris tak benar-benar memiliki “wakil” sama sekali. Setidaknya masih ada David Beckham, pesepakbola 37 tahun asal Inggris yang kini bermain untuk PSG.

Beckham, yang direkrut PSG bulan Januari lalu, sejauh ini belum tampil di Liga Champions untuk klub barunya itu–ia menjadi pemain cadangan yang tak dimainkan ketika menghadapi Valencia di laga leg II babak 16 besar Liga Champions.

Berikut sekilas data atau fakta Liga Champions lain tentang tim-tim di babak delapan besar, seperti dilansirBBC.

Barcelona

Ketika Barcelona mengalahkan Manchester United di Wembley pada tahun 2011, mereka menjadi klub keempat yang bisa memenangi trofi itu lebih dari satu kali di stadion yang sama setelah AC Milan, Real Madrid, dan Liverpool.

Real Madrid

El Real memenangi seluruh lima gelaran pertama ajang ini, tetapi cuma dua pemain yang tampil di seluruh final itu, yakni Paco Gento dan Alfredo Di Stefano, dengan nama terakhir mencetak gol di seluruh lima laga final tersebut.

Malaga

Malaga, yang musim ini menjalani pengalaman pertamanya di Liga Champions, menjadi klub Andalusia ketiga yang tampil di ajang tersebut. Pemain sayap Malaga, Joaquin, sementara itu pernah tampil di Liga Champions untuk klub Andalusia lain, Real Betis. Ia juga pernah bermain di ajang ini bersama Valencia.

Bayern Munich

Bayern adalah satu-satunya tim yang pernah memenangi trofi di ajang ini setelah sebuah replay. Bayern mengalahkan Atletico 4-0 di final tahun 1974 dalam laga replay, setelah sebelum itu kedua tim berimbang sampai extra time tuntas.

Borussia Dortmund

Ketika Dortmund mengalahkan Juventus pada final 1997, Paul Lambert–kini menjadi manajer Aston Villa–menjadi pemain Inggris Raya pertama yang meraih trofi di ajang ini bersama sebuah klub non-Inggris.

Galatasaray

Langkah terjauh Galatasaray di ajang ini adalah pada tahun 1989 ketika sampai semifinal. Saat itu mereka disingkirkan oleh Steaua Bukaristi yang diperkuat Gheorghe Hagi. Uniknya, tujuh tahun kemudian Hagi bergabung dengan Galatasaray dan mengantar klub itu menjuarai Piala UEFA dengan mengalahkan Arsenal tahun 2000.

Juventus

Bersama dengan Bayern, Juventus memegang rekor kekalahan terbanyak di final Piala Champions/Liga Champions–lima kali. Dari tujuh penampilan di partai puncak, cuma dua kali Juve tampil jadi juara.

Paris Saint-Germain

Ezequiel Lavezzi telah mencetak lima gol di Liga Champions musim ini, membuatnya cuma terpaut dua gol saja dari George Weah, topskorer sepanjang masa PSG di ajang ini.

Setelah Arsenal disingkirkan Bayern, Kamis (14/3/2013) dinihari WIB, Inggris tak menyisakan lagi klub di perempatfinal meskipun masih menyisakan pemain asal Inggris, David Beckham. Jika nanti ia tampil sebagai starter untuk PSG di Liga Champions, itu akan menjadi start pertamanya semenjak bermain untuk AC Milan melawan Manchester United di 2010.

 

Sumber: Detiksport

 

Pasaran bola

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

promo asiatangkas